Desain Membuat Stempel dengan Corel Draw


Oke Guys, kali ini kita akan membuat desain stempel yang mudah menggunakan Corel Draw. Untuk model stempel banyak bentuk dan ukurannya.. Ada yang berbentuk kotak,bulat,oval dan sebagainya..

Untuk desain stempel kali ini kita menggunakan desain yang berbentuk bulat, Umumnya stempel bulat ukuran diameter 3,5 cm dan 4 cm. Nanti mimin akan bahas ukuran-ukuran untuk stempel di artikel selanjutnya..

Baiklah, langsung saja kita ikuti langka-langkah membuat stempel bulat, kita gunakan ukuran standar stempel yang paling banyak digunakan yaitu 4cm.

Pertama
Kita buat lingkaran menggunakan Ellipse Tool(F7)

Kedua
Kursor ke Pick Tool, lalu klik di luar lingkaran. Kemudian ubah ukuran satuannya menjadi Centimeters, seleksi objek lingkaranya lalu rubah object sizenya menjadi 4 cm dan tekan enter jika sudah. Perbesar objek dengan menscrol mouse.

Ketiga
Copy Object lingkaran tersebut (Seleksi dulu lingkaran dengan Pick Tool), kemudian klik kiri tahan sambil tekan shift agar objek proporsional, lalu tarik kedalam kemudian klik kanan mouse. Lakukan sekali lagi untuk object lingkaran yang di tengah

Keempat
Buat tulisan dengan menggunakan text tool (F8)

Kelima
Seleksi Tulisannya, lalu pilih menu Text > Fit Text to Path

Keenam
Maka kursor akan berubah menjadi lengkungan path, lalu arahkan posisi ke dalam objek lingkaran tersebut. Kecilkan tulisannya, kemudian untuk memposisikan tulisan ketengah lingkaran, sleksi tulisannya dengan pick tool lalu klik kiri tahan dan tarik ke arah tengan dalam lingkaran. Dan Tebalkan Font nya dengan Bold.

Ketujuh
Buat lagi tulisan disdikpora, sleksi tulisan disdikpora,lalu ke menu Text > Pilih Fit Text to Path letakan kedalam lingkaran dan sesuaikan posisinya (klik mirror text horizontally & vertically). Untuk mengatur jarak spasi tulisannya kita bisa gunakan Shape Tool (F10) lalu geser

Kedelapan
Buat Object Star dengan menggunakan Star Tool yang ada di Tool Box, warnai dengan warna hitam posisikan seperti contoh pada gambar. Btw, jangan lupa text nya di Ctrl+Q agar bisa di rubah-rubah.

Kesembilan
Buat persegi menggunakan Rectangle Tool, lalu seleksi persegi dan lingkaran yang didalam. Kemudian pilih intersect yang ada di jendela shaping. Buang atau delete persegi yang lama..

Kesepuluh
Buat tulisan SMK Negeri 5, sesuaikan ketebalan dan ukurannya. Lalu letakkan di tengah persegi.

Untuk mengatur rata tengah, seleksi tulisan dan objectnya lalu tekan tombol C dan tombol E. Sebelumnya telah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Bagaimana, cukup mudahkan sahabat desain :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel