Membuat Efek Neon Di CorelDRAW


Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat efek tulisan menjadi bercahaya atau seperti lampu neon. Cara ini bukan hanya text tool saja, tapi objek-objek lain pun bisa kita beri efek seperti lampu neon ini, misalnya ellipse atau rectangle dan sebagainya.

Oke langsung saja kita ikuti langkah-langkahnya..

Pertama
Buat tulisan menggunakan Text Tool atau tekan F8, kemudian sesuaikan jenis font dan ukurannya. Disini saya menggunakan jenis Font Freestyle Script.

Kedua
Klik 2kali Rectangle Tool (F6) di Tool Box, maka otomatis akan terbentuk persegi di area kerja kita. Kemudian beri warna hitam pada object rectangle nya, lalu textnya beri warna putih.

Ketiga
Duplicate text nya dengan menekan CTRL+D atau Copy Paste(CTRL+C , CTRL+V) kemudian beri warna kuning. Lalu posisikan text yang tadi kita duplicate menjadi dibelakang, dengan menekan tombol CTRL+PgDwn. Jadi posisinya Text yang berwarna putih letaknya paling atas, kemudian text warna kuning ada dibelakang text warna putih.

Keempat
Seleksi text yang kuning, kemudian klik menu bar Bitmaps > Convert to Bitmap..
Resolution pilih 300dpi, Color Mode pilih RGB Color (24-bit) kemudian OK
Klik lagi Bitmaps di Menu Bar lalu pilih Blur > Gaussian Blur…, Radius kita isi 25pixel lalu klik OK.

Kelima
Geser shadow (text kening) tadi sejajar dibelakang text warna putih. Karena tadi saya menggunakan Duplicate(CTRL+D) jadinya posisinya tidak pas dibelakang. Jika sudah di geser tepat dibelakang text warna putih maka hasilnya seperti ini.

Keenam
Seleksi kembali shadownya, lalu duplicate lagi (CTRL+D), kemudian letakkan di belakang shadow dengan menekan CTRL+PgDown. Karena yang kita duplicate tipe gambarnya sudah Bitmap maka kita tidak perlu mengconvert nya ke bitmap lagi. Klik Bitmaps > Blur > Gaussian Blur.. 
Radius kita geser sampai 80pixel kemudian klik OK.

Ketujuh
Buat pemanisnya dengan menggunakan Ellipse Tool(F7), Beri warna putih pada Outlinenya(garis luar) dan ukuran outlinenya 25 px, Untuk warna fill(dalamnya) tidak usah diberi warna. Sesuaikan posisinya dan beri warna putih seperti gambar dibawah ini

Kedelapan
Buat effect neon pada objek ellipse, ikuti langkahnya sama seperti cara diatas yang menggunakan text tool. Setelah selesai memberi shadow kuning di ellipse, kamu bisa memodifikasi object ellipse menjadi model artistic.

Untuk masuk ke menu Artistic Media Klik saja Menu Effect > Artistic Media. Lalu kamu bisa pilih model yang ingin diganti, disini saya memakai modelnya seperti dibawah ini yang berwarna biru, lalu ganti warna putih untuk fill nya dan outlinenya tidak usah diberi warna.

0 Response to "Membuat Efek Neon Di CorelDRAW"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel